Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Animate Berbasis Video

Authors

  • Moch. Kholil Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Ismanto Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Satrio Nur Agung Wibowo Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.58991/eemisas.v2i1.36

Keywords:

Media Pembelajaran, Interaktif, Adobe Animate, State Transition, Black Box

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah pola kehidupan masyarakat termasuk dalam proses pembelajaran di sekolah maupun universitas. Untuk memperlancar pembelajaran, teknologi berperan peting sebagai media dalam proses pembelajaran bagi siswa/mahasiswa. Dengan adanya teknologi proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton sehingga para peserta didik dapat lebih cepat menyerap ilmu dari pelajaran tersebut. Melalui perkembangan teknologi saat ini, khususnya di dunia multimedia untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton sehingga mampu meningkatkan semangat belajar bagi semua orang maka dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Animate berbasis video. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang terdiri dari beberapa halaman/scene yang memiliki 4 (empat) pilihan/menu utama yaitu pilihan materi, video, kuis, dan profil. Di dalam pengembangan media pembelajaran interaktif terdapat beberapa aksi seperti berpindah halaman sehingga perlu dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan menggunakan teknik state transition pada metode black box. Berdasarakan pengujian dan nilai rata-rata validasi diperoleh hasil uji coba valid senilai 100% secara keseluruhan.

Author Biographies

  • Ismanto, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

    Penyuntingan Audio dan Video

  • Satrio Nur Agung Wibowo, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

    Penyuntingan Audio dan Video

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing .Yogyakarta: Andi.

Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work, 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Basyiruddin Usman, Asnawir. 2022. Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers,Juni.

Ulfiya, Firda. (2021). Pengembangan Media Interaktif Flipbook Berbasis Adobe Animate CC Muatan Pelajaran IPA. Joyful Learning Journal. 10. 101-107. 10.15294/jlj.v10i2.44148.

Baihaki, Baihaki & Djamilah, Soraya & Lazwardi, Ahmad. (2022). Developing Interactive Learning Media Based on Adobe Animate Applications For Geometry Transformation. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika. 7. 191-206. 10.22236/KALAMATIKA.vol7no2.2022pp191-206.

Sanusi, Anwar & Yahya, Fahmi. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Adobe Animate CC di Sekolah. 18. 1-14. 10.21009/almakrifah.18.01.01.

Wahyudi, Sri & Efendi, & Chandra, Detri & Lubis, Adyanata. (2022). Creating Interactive Learning Media On The Adobe Animate 2021 Application As A Means Of Learning Graphic Design At SMA Negeri 3 Tambusai Utara. Journal of ICT Aplications and System. 1. 86-90. 10.56313/jictas.v1i2.194.

Tandirerung, Veronika & Tangkin Mangesa, Riana. (2021). Optimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Stimulus Berpikir Hots. Jurnal Media Elektrik. 19. 10. 10.26858/metrik.v19i1.26373.

Audhiha, Miftah & Febliza, Asyti & Afdal, Zul & Mz, Zubaidah & Risnawati, Risnawati. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 6. 1086-1097. 10.31004/basicedu.v6i1.2170.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles