Pengaruh Stroke Up pada Kendaraan Uji Mesin Bensin 160 cc terhadap Daya, Torsi dan Konsumsi Bahan Bakar

Authors

  • Berto Nugroho Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  • Yogi Fahrezi Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  • Yoga Wicaksono Akademi Komunitas Negeri Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.58991/eemisas.v1i1.8

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan poros engkol standar dan poros engkol yang sudah dimodifikasi yang menggunakan bahan bakar yaitu pertamax. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada kendaraan uji mesin pembakaran dalam type bensin konvensional 160 CC. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh dua variasi poros engkol dan bahan bakar pertamax. Untuk daya maksimal dihasilkan pada poros engkol modifikasi 21,4 HP dan torsi maksimal sebesar 18,58 Nm. Sedangkan daya yang dihasilkan pada poros engkol standar sebesar 13,3 HP dan torsi 13 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada poros engkol standar memakai pertamax sebesar 16 ml dengan rpm idle selama 5 menit. sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada poros engkol modifikasi yang memakai pertamax sebesar 38 ml dengan rpm idle selama 5 menit.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles